Manual Tautan Peta Situs S&K
Slidebars Logo
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang BPS
      • Informasi Umum
      • Visi dan Misi
      • Struktur Organisasi
      • Tugas, Fungsi, dan Kewenangan
      • Pengolahan Data
      • Moto dan Maklumat Pelayanan
    • Rencana Strategis
    • Program dan Kegiatan
    • Pusat Pelayanan
  • Berita
  • Senarai Rencana Terbit
    • ARC Publikasi BPS
    • ARC BRS
  • Publikasi
  • Berita Resmi Statistik
  • PPID
    • Informasi Terbuka
      Berkala
      • Tentang BPS
      • Rencana Strategis
      • Program dan Kegiatan
      • Laporan Pelayanan Data
    • Informasi Terbuka
      Setiap Saat
      • Unduh
DATA SENSUS
Beranda » Tentang Kami » Pusat Pelayanan

Sosial dan
Kependudukan

Agama

Gender

Geografi

Iklim

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan

Kependudukan

Kesehatan

Ketenagakerjaan

Konsumsi dan Pengeluaran

Pemerintahan

Pendidikan

Perumahan

Politik dan Keamanan

Ekonomi dan
Perdagangan

Ekspor-Impor

Energi

Harga Eceran

Industri

Keuangan

Komunikasi

Konstruksi

Neraca Arus Dana

Pariwisata

Pasar

Produk Domestik Regional Bruto

Transportasi

Pertanian dan
Pertambangan

Hortikultura

Perikanan

Perkebunan

Pertambangan

Peternakan

Tanaman Pangan

Media Sosial
Facebook Instagram
Twitter Youtube
RSS FEEDS
Berita Resmi Statistik
Publikasi


Pusat Pelayanan

Latar Belakang Pelayanan Statistik Terpadu

Secara umum terdapat beberapa alasan yang menjadi latar belakang mengapa BPS perlu melakukan peningkatan pelayanannya. Pertama, pelayanan publik merupakan salah  satu pilar Reformasi Birokrasi BPS. Kedua, pelayanan publik merupakan quick wins BPS dalam Reformasi Birokrasi. Ketiga, pelayanan publik merupakan kewajiban dan tanggung jawab moral BPS kepada masyarakat.

 
Secara khusus, dalam program Statistical Capacity Building-Change and Reform for the Development of Statistics (Statcap - Cerdas) di  bidang  diseminasi  mencantumkan bahwa peningkatan kualitas data sekaligus peningkatan kepuasan dan kepercayaan pengguna terhadap pelayanan dan statistik merupakan sesuatu yang penting dan strategis.  Beberapa permasalahan yang dijumpai dalam pelayanan statistik, antara lain adalah hal-hal yang berkaitan dengan akses data, perhatian terhadap pengguna data, dan sistem yang ramah pengguna.
 
Selama ini, pelayanan yang diberikan oleh BPS kepada masyarakat masih dilakukan secara silo, yaitu setiap bagian di BPS memberikan pelayanan secara terpisah dan terpilah.  Pelayanan semacam  ini  mengakibatkan banyak pengguna yang mengalami kebingungan. Selain  itu, pelayanan ini juga menjadi tidak efektif karena terlalu banyak unit yang harus dihubungi oleh pengguna. Oleh sebab itu, BPS Kota Bitung melalui Seksi IPDS, mencanangkan Pelayanan Statistik Terpadu (PST) yang merupakan pelayanan satu pintu (one gate services) dan juga one stop services.
 
Maksud dan Tujuan Pelayanan Statistik Terpadu
 
  1. Maksud dan tujuan pelaksanaan Pelayanan Statistik Terpadu di BPS Kota Bitung:
  2. Menerapkan pelayanan satu pintu (one gate services) dimana setiap pengguna dan konsumen data dapat mengakses setiap pelayanan melalui satu pintu.
  3. Memberikan kemudahan bagi pengguna yang memerlukan data dengan memberikan beberapa jenis layanan yaitu pelayanan pustaka tercetak, pelayanan  pustaka digital, pembelian publikasi baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy, pelayanan data mikro, konsultasi statistik sampai dengan rekomendasi/bantuan survei.
  4. Menerapkan standarisasi pelayanan bagi pengguna data baik di BPS Kota Bitung
  5. PST merupakan salah satu komponen dalam pelaksanaan quick wins BPS, sehingga PST dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan quick wins BPS selain dua komponen lainnya yaitu Advance Release Calendar (ARC) dan Website.

 

Bagaimana cara mendapatkan data di BPS?

Tata cara mendapatkan data di BPS

  • Jika ingin membaca buku publikasi silahkan datang ke Perpustakaan yang berada di semua kantor BPS baik Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Untuk di BPS Pusat terletak di Gedung 2 lantai 1, atau melalui telepon (021) 385-7046 atau (021) 381-0291 ext. 3240-3; untuk di BPS Provinsi Sulawesi Utara di  Ruang Pelayanan Statistik Terpadu Lantai 1; untuk di BPS Kota Bitung di Ruang Pelayanan Statistik Terpadu;
  • Jika ingin membeli softcopy buku publikasi atau data mikro hasil survei/ sensus, silahkan datang langsung ke Ruang Konsultasi Statistik BPS Pusat yang berada di Gedung 2 lantai 3, atau melalui email ke bpshq@bps.go.id, atau melalui telepon (021)350-7057 atau (021)384-1195 ext.3230-3234, atau melalui surat yang ditujukan kepada Direktur Diseminasi Statistik.
  • Jika ingin membeli buku terbitan BPS Kota Bitung silakan datang langsung ke Ruang Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Bitung, di Jl. Stadion Duasudara, Manembo-nembo Tengah, Kecamatan Matuari.
 

Alamat kantor BPS Kota Bitung
Badan Pusat Statistik Kota Bitung

Jl. Stadion Duasudara, Kelurahan Manembo-nembo Tengah, Kecamatan Matuari.
Kota Bitung, 95545
Sulawesi Utara, Indonesia

 

Contact Person:
Seksi IPDS BPS Kota Bitung
Telp. (0438) 31269 Email: bps7172@bps.go.id
Facebook: @bpskotabitung, Instragram: @bps_bitung

 

Bagaimana cara mendapatkan data di BPS jika datang langsung?

Bagi konsumen data yang datang langsung ke BPS Kota Bitung dapat dilayani di Ruang Pelayanan Statistik Terpadu 

 

Apakah untuk mendapatkan data BPS dikenakan biaya?

Berdasarkan aturan dan kebijakan yang dikeluarkan BPS, maka untuk mendapatkan data BPS dikategorikan menjadi 3 (tiga), yaitu berbayar, nol rupiah dan gratis.

  • Berbayar adalah layanan data BPS yang memberlakukan tarif pada produk BPS. Pada layanan berbayar ini didasarkan kepada  Peraturan Pemerintah no.7 Tahun 2015  tentang jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Badan Pusat Statistik. Pada PP PNBP tersebut mengatur mengenai jenis penerimaan PNBP BPS meliputi penerimaan dari:

1.  Penjualan publikasi cetakan (menurut jumlah halaman)

2.  Penjualan publikasi elektronik (menurut jumlah halaman dan dalam bentuk pdf)

3.  Penjualan data mikro;

4.  Penjualan peta digital wilayah kerja Statistik (Shape File);

5.  Jasa pendidikan pada Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

6.  Jasa pendidikan dan pelatihan teknis dan fungsional; and

7.  Jasa penggunaan sarana dan prasarana terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Pusat Statistik.

  • Nol Rupiah adalah layanan data BPS yang memberlakukan tarif Rp0,00 pada konsumen data. Pada layanan Rp0,00 didasarkan pada Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik No.1 Tahun 2012 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pengenaan Tarif Rp0,00 (nol rupiah) terhadap pihak tertentu atas penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Badan Pusat Statistik. Pihak tertentu sebagaimana dimaksud pada peraturan tersebut terdiri atas:

          1. Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah

          2. Lembaga Negara

          3. Perwakilan Negara Asing

          4. Lembaga Internasional

          Pengenaan tarif Rp0,00 (nol rupiah) terhadap pihak tertentu diberikan untuk layanan sebagai berikut:

          1. Publikasi cetakan sebanyak 1 (satu) eksemplar publikasi cetakan;

          2. Publikasi elektronik/softcopy sebanyak 1 (satu) keeping publikasi elektronik;

          3. Data mentah sampai dengan 5 MB (lima MegaByte);

          4. Peta digital wilayah sebanyak 1 (satu) peta.

 

Untuk Instansi pemerintah pusat dan daerah serta lembaga negara yang melaksanakan kegiatan terkait tugas perencanaan pembangunan, pengelolaan keuangan negara, pengawasan dan pemeriksaan keuangan dan pembangunan, dan/atau penanggulangan bencana yang bersifat nasional dan lintas sektor dapat diberikan publikasi cetakan, publikasi elektronik/ softcopy, data mentah, dan/ atau peta digital wilayah lebih banyak dari satuan sebagaimana dimaksud diatas.

  • Gratis adalah layanan data BPS yang memungkinkan konsumen data untuk mendapatkan data atau publikasi secara gratis. Layanan ini dapat diakses melalui website dan beberapa publikasi cetak gratis, seperti: Perkembangan Beberapa Indikator Utama Sosial Ekonomi Indonesia, Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi (LBDSE).

 

Berapa lama waktu layanan untuk mendapatkan jawaban kepastian layanan?

Setiap permintaan data yang masuk akan mendapatkan jawaban kepastian layanan paling lama 5 (lima) hari kerja terhitung setelah permintaan dikirimkan, hal ini sesuai dengan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Bitung Jalan Stadion Duasudara, Manembo-nembo, Matuari, Bitung, email : bps7172@bps.go.id Jam Pelayanan 08.00 s/d 15.30 WITA, konsultasi via whatsapp : 082317783992 / 081230464747 || Publikasi Kota Bitung Dalam Angka 2021 telah rilis, terkini dan lebih cepat. Unduh segera melalui link berikut || Dapatkan informasi dan kegiatan kami melalui media sosial Facebook: @bpskotabitung dan Instagram: @bps_bitung

Badan Pusat Statistik Kota Bitung (Statistics of Bitung City

Jl. Stadion Duasudara, Manembonembo, Kota Bitung, Telp. (0438) 31269, Email : bps7172@bps.go.id, web: https://bitungkota.bps.go.id

Untuk tampilan terbaik Anda dapat gunakan berbagai jenis browser kecuali IE, Mozilla Firefox 3-, and Safari 3.2- dengan lebar minimum browser beresolusi 275 pixel.

Hak Cipta © 2022 Badan Pusat Statistik

Semua Hak Dilindungi

  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Tentang BPS
    • Rencana Strategis
    • Program dan Kegiatan
    • Pusat Pelayanan
  • Berita
  • Senarai Rencana Terbit
  • Publikasi
  • Berita Resmi Statistik
  • PPID
    • Tentang PPID
    • Informasi Terbuka
      Berkala
      • Tentang BPS
      • Rencana Strategis
      • Program dan Kegiatan
      • Laporan Pelayanan Data
    • Informasi Terbuka
      Setiap Saat
      • Unduh
    • Informasi Terbuka
      Serta Merta
    • Informasi Tertutup/
      Dikecualikan
  • Tautan
    • Galeri Infografis
    • Tabel Dinamis
    • Istilah
    • Katalog Datamikro
    • Metadata
    • Reformasi Birokrasi
    • Master File Desa
    • SPK Online
    • Pengaduan
    • LPSE
    • Sekolah Tinggi Ilmu Statistik
    • Pusat Pendidikan dan Latihan BPS
  • Hak Cipta © Badan Pusat Statistik Republik Indonesia

Sosial dan
Kependudukan

Agama

Gender

Geografi

Iklim

Indeks Pembangunan Manusia

Kemiskinan

Kependudukan

Kesehatan

Ketenagakerjaan

Konsumsi dan Pengeluaran

Pemerintahan

Pendidikan

Perumahan

Politik dan Keamanan

Ekonomi dan
Perdagangan

Ekspor-Impor

Energi

Harga Eceran

Industri

Keuangan

Komunikasi

Konstruksi

Neraca Arus Dana

Pariwisata

Pasar

Produk Domestik Regional Bruto

Transportasi

Pertanian dan
Pertambangan

Hortikultura

Perikanan

Perkebunan

Pertambangan

Peternakan

Tanaman Pangan